Saturday, June 14, 2014

Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH adalah pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kemungkinan penyakit Toksoplasma, Rubela, Cytomegalovirus atau CMV, dan Herpes simpleks. Keempat jenis penyakit infeksi yang disingkat TORCH ini sangat berdampak terhadap perkembangan janin, yaitu kematian, atau cacat.

Pemeriksaan TORCH lebih baik dilakukan sebelum kehamilan, untuk memastikan ada tidaknya infeksi parasit (toksoplasma) atau virus-virus (rubela, CMV, dan herpes) dalam tubuh ibu. Biasanya, bila terjadi infeksi, pembuahan sulit terjadi. Tetapi bila infeksi terjadi setelah pembuahan, janin yang dikandung berkemungkinan menderita kelainan dengan akibat akhir kematian atau cacat.

Pemeriksaan TORCH dilakukan dengan memeriksa atau menganalisa kadar imunoglobulin G (IgG) dan imunoglobulin M (IgM) dalam serum darah. Kedua zat ini akan segera terbentuk sebagai pelindung oleh sistem kekebalan tubuh, begitu tubuh kemasukan benda asing atau kuman. Besar kecilnya kadar kedua zat ini menentukan ada atau tidaknya infeksi serta besar kecilnya infeksi. Pengobatan sebaiknya dilakukan sebelum terjadi kehamilan, dengan memberikan obat antivirus dan penguat daya tahan tubuh. Pengobatan yang dilakukan pada masa kehamilan muda akan mempengaruhi proses pembentukan organ janin. Sehingga kondisi infeksi yang diobati dengan yang tidak diobati sama-sama berdampak buruk bagi janin. Dengan begitu lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Lebih baik dengan kesadaran segera memeriksakan diri ke dokter sebelum kehamilan.

Untuk menghindari atau untuk mengurangi dari kemungkinan terkena infeksi TORCH, salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan. Terutama bila berhubungan dengan kotoran hewan peliharaan unggas, kucing, anjing, dan monyet. Virus toksoplasma juga bisa dijumpai di daging mentah/setengah matang.

Karakteristik dari masing-masing penyakit TORCH ini dapat dilihat pada Tabel berikut.

Tabel Karakteristik TORCH
Penyakit Penularan Gejala pada Ibu Efek pada janin/bayi
Toksoplasma
Rubela
Cytomegalovirus
Virus menular lewat air liur, ASI atau urine
Herpes simpleks
Keguguran semasa janin dan kematian pada bayi.

Daftar Pustaka


  • 9 Bulan yang Menakjubkan, Seri Ayah Bunda, Penerbit Gaya Favorit Press, 2001.
  • Mengenali dan Mengatasi Titik-titik Rawan Kehamilan, Seri Ayah Bunda, Penerbit Yayasan Aspirasi Pemuda Jakarta, 2001.


EmoticonEmoticon