Saturday, June 14, 2014

Prediksi Usia Kandungan dan Tanggal Lahir

Prediksi Usia Kandungan dan Tanggal Lahir

Memperkirakan umur kehamilan dan tanggal lahir biasanya dilakukan dengan rumus Naegele. Rumus ini berpatokan pada hari pertama haid yang terakhir yang dialami oleh seorang ibu. Kehamilan normal diperhitungkan selama 280 hari atau 40 minggu. Kalau waktu keluarnya sel telur dan proses pembuahan yang terjadi saat sekitar ovulasi tersebut diperhitungkan selama dua minggu -+ atau sekitar 14 hari, maka masa kahamilan sampai saat hari kelahiran bayi adalah sekitar 266 hari atau sekitar 9 bulan.

Sedangkan cara menghitung perkiraan tanggal kelahiran bayi adalah sebagai berikut: tanggal dari hari pertama haid terakhir ditambah 7, dengan bulan hari tersebut dikurangi 3, dan tahunnya ditambah 1. Sebagai contoh, seorang ibu yang sedang hamil mempunyai siklus haid normal selama 28 hari, diketahui hari pertama dari haid terakhirnya adalah tanggal 5 April (bulan 4) 2013. Maka hari kelahiran bayinya diperkirakan sebagai berikut : tanggal lahir : 5 + 7 = tanggal 12. Bulan lahir : 4 – 3 = 1. Tahun lahir : 2013 + 1 = 2014. Jadi tanggal kelahiran bayi adalah sekitar tanggal 12 Januari 2014.

RUMUS NAEGELE
Perkiraan tanggal kelahiran =hari pertama haid terakhir (tanggal + 7 ; bulan – 3 ; tahun + 1)

Simulasi Perhitungan Prediksi Umur Kehamilan dan Tanggal Kelahiran

Tanggal mulai haid terakhir
Prediksi tanggal pembuahan
Prediksi tanggal kelahiran
Prediksi umur kehamilan

Perlu diingat bahwa perkiraan tanggal lahir tersebut tidaklah selalu tepat. Ada beberapa faktor yang membuat perkiraan tersebut menjadi meleset, seperti siklus haid dari setiap wanita berbeda. Toleransi berkisar antara kurang lebih 7 hari dari hari yang diperkirakan. Biasanya dokter atau bidan yang memeriksa kehamilan seorang ibu hamil akan menambahkan beberapa hari bila diketahui siklus haid dari ibu hamil tersebut lebih panjang dari sekitar 28 hari, atau akan mengurangi beberapa hari bila diketahui siklus haidnya lebih pendek dari sekitar 28 hari.Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa hanya sekitar 4% bayi lahir tepat waktu sesuai dengan hari yang diperkirakan.

Daftar Pustaka


9 Bulan yang Menakjubkan, Seri Ayah Bunda, Penerbit Gaya Favorit Press, 2001

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon